// ASM Blog // On-Rabu, 09 November 2016

Teknologi digital merupakan teknologi yang dimana pengoperasionalannya tidak lagi banyak membutuhkan tenaga manusia dan lebih cenderung pada sistem pengoperasionalannya yang otomatis dan canggih dengan sistem komputer/format yang dapat dibaca oleh komputer.

Pada teknologi analog gambar dan suara akan diubah menjadi gelombang radio, maka teknologi digital akan menkonversi gambar dan suara tersebut menjadi data digital yang terdiri dari angka biner 1 dan 0. Teknologi digital menggunakan sistem bit dan bite yang ditujukan untuk menyimpan data dan memproses data. Sistem digital akan mempekerjakan sejumlah besar switch listrik mikroskopis dan hanya memiliki dua keadaan atau nilai. Switch biner ini bisa dalam keadaan on atau off, 1 atau 0 (true or false), black ( hitam ) atau white (putih).
Memasuki tahun 2016 ini teknologi berkembang semakin pesat. Sesuatu yang sebelumnya di pandang mustahil di masa lalu, sekarang menjadi sesuatu yang nyata sekarang ini. Dengan teknologi digital ini gambar yang akan di tampilkan cenderung memiliki kualitas warna yang lebih soft , natural, dan tidak pecah walaupun gambarnya di perbesar. Contoh dari Teknologi Digital adalah barang-barang seperti televisi,komputer,laptop,tab,telefon,dan sebagainya. 

Teknologi digital akan terus berkembang dan dipengaruhi oleh 3 hal yaitu :
Transisi digital => pertumbuhan industri produk digital yang sangat pesat yang akan berimbas pada pertumbuhan  produk analog yang akan mengalami penurunan
Konvergensi jaringan => pemenuhan kebutuhan manusia di dalam lingkungan (gaya hidup)
Infrastruktur digital => sesuatu yang di pelajari sebagai bagian dari suatu produk

Pemanfaatan Teknologi Digital Diberbagai Bidang
Berbagai bidang yang ditekuni dalam negara ini yang sudah memanfaatkan teknologi digital sebagai ‘media’ atau ‘alat bantu’ aktivitas sesuai bidangnya. Pemanfaatan yang sekarang ini sedang terjadi di Indonesia.

1.       Bidang Pendidikan


Tidak dipungkiri lagi jika kita melihat laboratorium komputer di Sekolah menengah Pertama ( SMP ) atau pun Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Indonesia, bahkan beberapa Sekolah Dasar pun sudah memilikinya. Pentingnya mempelajari teknologi canggih seperti teknologi digital yang membuat Pelajaran Komputer menjadi ilmu pengetahuan yang sangat penting harus kita pelajari di zaman yanng serba modern ini. Pentingnya komputer dalam meningkatkan kualitas pendidikan sudah disadari oleh setiap orang. Itulah sebabnya Komputer sudah mulai banyak dipelajari oleh semua orang termasuk kaum pelajar yang masih muda demi mempersiapkan diri menatap perkembangan zaman yang seolah olah diinvasi oleh teknologi digital.
Tidak hanya di sekolah, di perkuliahan juga teknologi digital sangat sering dipakai sebagai bidang ilmu. Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer sebagai contohnya nyatanya, juga menjadi tempat pembelajaran bagaimana sebuah teknologi digital sudah menjadi bidang pendidikan yang membawa manusia ke arah dunia digital dengan ilmu komputer yang diajarkan. Di jurusan lain juga, pentingnya teknologi digital dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun mahasiswi dalam pelajarannya. Contohnya Di saat perkuliahan, mahasiswa/mahasiswi sudah banyak menggunakan laptop/komputer untuk mengerjakan berbagai macam tugas perkuliahan. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menyimpan data perkuliahan. Ada juga yang menggunakannya untuk mempresentasikan bahan bahan perkuliahan/tugas perkuliahan di depan kelas dengan bantuan proyektor sebagai layar besar yang membuat orang banyak bisa menyaksikan apa yang sedang dipresentasikan.

2.    Bidang Bisnis


Pemanfaatan teknologi digital dalam bidang ini sudah mulai populer di kalangan pebisnis atau pun pengusaha. Ketika kita membuka akun Facebook kita, misalnya, kemungkinan besar apa yang tertera di homepage Facebook kita merupakan foto-foto produk yang diperjual-belikan via internet dengan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial. Atau ketika kita mencari informasi di internet dan membuka suatu situs, banyak juga tertera iklan dengan maksud untuk memperjual-belikan produk tertentu. Pemanfaatan teknologi canggih di bidang ini sudah jelas terlihat efektif. Apalagi sudah banyak orang yang memanfaatkan situs belanja via online untuk membeli barang tertentu tanpa harus susah payah pergi ke toko. Bagi pebisnis yang hanya punya modal cukup-cukupan untuk menjalankan bisnisnya, kini sudah tidak perlu menjajakan produknya dengan menyewa toko yang tentunya mahal harga sewanya. Cukup buat situs, atau manfaatkan media sosial yang ada, pembeli yang berniat membeli barang tanpa harus perlu ke tokonya bersedia menjadi pelanggan. Sungguh bermanfaat. Komputer atau laptop sebagai barang canggih dari teknologi digital sudah banyak sekali dimanfaatkan dalam bidang ini.

Dengan teknologi digital lainnya, seperti gadget atau pun telepon seluler yang difasilitasi jaringan internet, pebisnis dan calon pembeli bisa dengan mudahnya berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung. Dengan memanfaatkan  gadget atau telepon genggam yang difasilitasi internet, calon pembeli bisa mencari-cari barang yang ingin dicarinya dan ingin dibelinya via online. Calon pembeli bisa menghubungi penjualnya dengan telepon seluler, dan menyepakati harga. Pembeli cukup membayarnya dengan mentransferkan biayanya ke rekening penjual dan tidak harus pergi ke bank atau pun ATM terdekat dalam proses transaksi. Di internet yang bisa diakses dengan gadget miliknya, proses transaksi bisa dilakukan dengan mudahnya. Sama-sama untung dan merasakan kemudahan dalam pemanfaatan teknologi digital.

3.       Bidang Sosial


Pemanfaatan teknologi digital sudah merambah di bidang sosial. Banyak media dari teknologi digital yang sudah dimanfaatkan untuk kebutuhan sosial secara umum. Misalnya saja, di masa euforia Piala Eropa tahun 2012 ini banyak kita temukan acara yang sering kita sebut dengan ‘nonton bareng (nobar)’ Piala Eropa mulai dari kafe, restoran, persimpangan jalan, bahkan di RT sekalipun. Acara nonton bareng ini dibuat untuk mengakrabkan individu-individu dalam suatu kebersamaan, dengan menonton Piala Eropa bersama-sama dalam satu layar entah itu layar besar proyektor atau pun TV. Kebersamaan tersebut bisa meningkatkan nilai sosial yang terus dijaga sebaik-baiknya. Keakraban yang tercipta menjadi bukti bahwa bidang sosial juga membutuhkan pemanfaatan teknologi digital.

Sumber :
http://rendiyosandri.blogspot.co.id/2016/11/apa-itu-teknologi-digital-pentingnya.html
http://triacahyaa.blogspot.co.id/2016/11/apa-itu-teknologi-digital-pentingnya.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_digital

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Itu yang anda paparkan adalah pemanfa'atan aplikasi teknologi digital khususnya dalam bidang komputasi. Sebenarnya teknologi digital aplikasi pemanfa'atannya tersebarluas dalam berbagai bidang teknology tidak saja dslam bidang komputerisasi. Mulai dari kunci membuka dan menutup rumah sampai pengendalian rudal balistik antar benua. Yang benar-benar belajar ttg teknik digital, komunikasi data dan mikroprosessor itu adalah jurusan Elektro dengan konsentrasi teknik sistem telekomunikasi. Mareka belajar mulai dari bilangan binari, bolean aljabar sampai komunikasi data dan prosessing (komdat) sampai mikkro prosessor. Jadi kalau jurusan IT hanya belajar software computer, jarngan (how pats to the buttom). Dan IT tidak termasuk dalam rumpun jurusan Elektro.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.