- Home »
- Apa itu SEO, SEM, SMM, SMO?
// ASM Blog
// On-Kamis, 24 November 2016
1.
SEO
SEO atau
kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau
teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di
mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing,
dan Yahoo.
Pengertian
dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu
mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu
di search engine dengan kata kunci yang ditarget.
Menurut
Wikipedia Search Engine Optimization/SEO (Optimisasi mesin pencari)
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan
memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari
tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi
teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci
tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi
teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan
pengunjung.
Sejalan
dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis,
kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil
pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web
untuk mendapatkan pelanggan
baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi
mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Tujuan
1)
Menaikan page ranking sebuah website agar
selalu terindek pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama.
2)
Mendatangkan trafik / pengunjung ke website
melalui search engine.
3)
Membantu meningkatkan pencapain target
penjualan melalui rekomendasi web.
4)
meminimalkan biaya pemasaran online.
Manfaat SEO
-
Dengan cara optimasi seo yang baik, web/blog
anda akan menduduki peringkat pertama google.
-
Jika anda seorang Internet Marketing, bisnis
anda sangat berpeluang meraih kesuksesan.
-
Bila pengunjung yang datang ke sebuah web/blog
sudah banyak, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap potensi
penghasilan dari web/ blog tersebut.
2.
SEM
SEM
adalah teknik pemasaran produk (website bisnis anda) dengan membayar periklanan
yang menyediakan jasa tersebut. Iklan yang tampil dapat berupa gambar, animasi,
video, dan tulisan. Salah satunya yang merupakan SEM adalah Google Adwords,
yang menampilkan iklan anda di hasil pencarian Search Engine dengan kata kunci
tertentu. Untuk Google Adwords penempatannya akan terdapat di atas hasil
pencarian atau dibilah kanan hasil pencarian, dan di paling bawah dekat dengan
menu navigasi halaman hasil pencarian.
Sistem Kerja
Sistem
pembayaran yang diterapkan dalam SEM umumnya adalah PPC (Pay Per Click) atau
Pay Per Impression. Untuk PPC adalah sistem pembayaran iklan dengan perhitungan
berdasarkan banyaknya Click yang dapat dilakukan oleh custumer yang click ke
iklan tersebut. Pay Per Impression sistem periklanannya lebih kepada berapa
kali penayangan iklan tersebut.
Fungsi SEM
SEM
berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan pastinya akan meningkatkan
popularitas, serta kata kunci yang akan ditargetkan. Dengan menggunakan SEM
dapat dengan langsung menargetkan area pemasaran sesuai dengan target customer
yang sesuai dengan produk kita. Jadi selain menjalankan SEO anda juga dapat
memanfaatkan SEM, walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Singkatnya
SEM adalah istilah yang lebih luas atau diatasnya SEO, dimana tujuan SEO untuk
meningkatkan ranking dan pengunjung organik, namun SEM lebih ke penargetan
pengguna Search Engine melalui iklan yang dibayar berupa link yang menuju ke
website bisnis kita.
3.
SMM
SMM atau Social
Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai
sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online)
atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada
pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk
membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu
diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan sikap
saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.
Manfaat SMM
Teknik
SMM pasti dan harus dilakukan oleh para pemilik Website dan Bisnis Online,
dikarenakan teknik SMM lebih mudah, murah dan efisien.
Cara kerja SMM adalah dengan membangun area pasar dan link Website Bisnis
Online yang dibagikan ke berbagai Social Media. Link yang telah dibagikan mampu
memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru yang tertarik dan
mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari Website Bisnis Anda.
Manfaatnya
lainnya adalah mempercepat pemasaran produk ke berbagai kalangan di berbagai
Social Media contohnya seperti pemasaran produk Affiliate PegiPegi. Dikarenakan
perkembangan Social Media yang terus meningkat, membuat pencapaian pemasaran
produk menjadi lebih cepat untuk mengenai target pasar yang diinginkan. Dampak
lain dari penggunaan teknik SMM adalah terbentuk banyak BackLink yang akan
mendongkrak ranking dan popularitas dari Website Bisnis Online anda di mata
Search Engine Google.
4.
SMO
SMO atau
Social Media Optimiaztion merupakan sebuah proses yang dilakukan pemilik
ataupun webmaster website dalam mengoptimalkan situsnya melalui sosial media
dengan tujuan tertentu yang tentunya akan berharap dampak yang baik bagi
kemajuan bisnisnya. Untuk saat ini, media sosial terbesar ialah Facebook.
“Sosial
Media Optimization meningkatkan visibilitas profil social media Anda, aktivitas
jejaring sosial Anda dan konten Anda yang dipublikasikan sehingga mudah
ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten
Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web
atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran
teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin
pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog
menjadi lebih mudah” – anonim.
Intinya
adalah, Anda harus membangun profill online melalui jaringan media sosial
sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda.
Selain itu, Anda dapat menambahkan tombol share social media untuk
memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda
Manfaatnya
a.
Meningkatkan Branding
b.
Meningkatkan Traffic Website
c.
Informasi Yang Cepat
d.
Mudah Update
e.
Biaya Efektif
Sumber :
Diberdayakan oleh Blogger.
Wah Mantaps gan.. :D
BalasHapus